Berita Terkini Dan Terupdate

Anyang, Kuliner Khas Medan yang Mirip dengan Gudangan di Jawa, Hanya Ada saat Bulan Ramadan

326

Minggu, 10 April 2022 

TRIBUN-VIDEO.COM – Traveler, saat bulan Ramadhan, biasanya warga Medan menghidangkan beragam kuliner lezat. Satu di antaranya adalah anyang atau urap khas Medan. Dikutip dari TribunTravel.com, anyang merupakan kuliner Melayu-Deli yang kini cukup sulit untuk ditemukan. Namun saat bulan puasa, anyang dapat dengan mudah ditemukan. Biasanya, para pedagang menjajakan kuliner anyang di halaman Istana Sultan Maimoon saat menjelang berbuka puasa.

Saat dilihat secara sekilas, anyang sangat mirip dengan urap atau gudangan di Jawa. Bedanya, urap memakai kelapa parut mentah, sedangkan anyang memakai kelapa parut yang telah disangrai. Agar teksturnya lebih halus, tumbuk kelapa parut yang telah disangrai.

Bumbu yang digunakan untuk anyang juga dicincang halus dan berbeda dengan bumbu urap pada umumnya.Selain itu, rasa bawang merah mentah dan asam dari perasan jeruk nipis di anyang juga sangat kuat. Pada dasarnya, anyang terbuat dari berbagai jenis sayuran segar.

Mulai dari daun singkong, daun pepaya, kangkung, kacang panjang, jantung pisang, ketimun, tauge dan masih banyak lagi. Namun, salah satu varian anyang yang paling populer adalah anyang paku atau anyang daun pakis. Selain anyang, ada kuliner khas Medan lainnya yang kerap dihidangkan saat buka puasa. Seperti Lemang Pulut, Bubur Pedas, dan Mi Gomak yang dibuat dari tumisan mi lidi yang dicampur dengan sayur-sayur. Ada pula Pakat dari rotan muda, Roti Jala yang terbuat dari tepung terigu yang diolah encer kemudian dimasak di atas wajan panas. Nah itu tadi beberapa hidangan khas Medan yang kerap tersaji saat buka puasa, kira-kira mana nih yang ingin traveler coba?

Leave A Reply

Your email address will not be published.